CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

3 Tips Memulai Karier menjadi Seorang Wirausahawan (Part 1)

by Humas Universitas Ma Chung / 19 December 2023 / Published in Machung

Hello, Machungers!

Artikel ini akan membahas beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memulai karier sebagai seorang wirausahawan. Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Tentukan Fokus Usaha

Ada banyak sekali hal yang dapat dijadikan sumber penghasilan, salah satunya adalah dengan memulai usaha. Namun, sebelum memulai usaha, penting untuk menentukan fokus bidang atau sektor yang akan ditekuni dalam usaha.

Dengan menentukan fokus usaha, sebagai wirausahawan kita akan lebih mudah untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan dilakukan dalam menjalankan usaha. Sehingga usaha kita dapat lebih terarah dan memiliki tujuan yang jelas.

  1. Lakukan Riset Usaha

Setelah menentukan fokus usaha, saatnya untuk melakukan riset usaha. Hal-hal yang perlu kita riset dapat meliputi tentang kebutuhan pelanggan, target pasar, pesaing dalam bisnis yang sama, serta perkiraan anggaran yang dibutuhkan untuk eksekusi usaha.

Tidak lupa, sebagai wirausahawan kita juga perlu untuk menetapkan target capaian untuk usaha agar nantinya usaha yang kita jalani dapat terus berkembang.

  1. Berpikir Kreatif dan Networking

Ketika sudah menentukan fokus usaha dan melakukan riset, kini saatnya untuk berpikir kreatif. Kita perlu menentukan strategi agar usaha yang kita jalankan dapat berjalan dan mencapai target yang telah ditetapkan.

Selain itu, kita juga perlu untuk membangun komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik ini perlu untuk dibangun baik dengan sesama wirausahawan maupun dengan calon pelanggan. Hal ini bertujuan agar usaha kita dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Nah di Universitas Ma Chung, kita akan belajar lebih dalam dan mempraktekan langsung bagaimana menjadi seorang wirausahawan melalui mata kuliah kewirausahaan. Kabar baiknya, program kewirausahaan di Universitas Ma Chung merupakan program unggulan di Program Studi Manajemen. Tapi, seluruh mahasiswa dari semua program studi akan tetap mendapatkan materi dan bimbingan yang sama berkualitasnya.

Demikian 3 tips untuk memulai karier sebagai seorang wirausahawan. Selain dari 3 tips di atas, penting untuk diingat bahwa hal terpenting yang harus dilakukan adalah mencoba dan memulai dari sekarang juga! Semoga bermanfaat!

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP