Desain dengan pemilihan warna yang tepat memberikan nuansa yang menarik. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam pemilihan warna pada desain.
Menentukan persona brand
Setiap brand pasti memiliki pangsa pasar tersendiri. Kenali siapa target audiens Anda dari sisi gender, usia, hingga level ekonomi. Dengan demikian, Anda akan semakin memahami persona brand tersebut, dan tentunya akan lebih mudah untuk menentukan warna untuk desain logo.
Tren desain brand tiap waktu begitu dinamis. Anda dapat mencari tahu warna pantone di tahun tersebut agar logo brand tetap mengikuti perkembangan zaman. Namun, tetaplah bijak memperhatikan kesesuaian warna pantone dengan personal brand.
Warna dalam industri sangat variatif. Setiap industri memiliki pengaruh warna tersendiri. Industri makanan dan teknologi pasti memiliki kecendrungan warna yang berbeda. Umumnya, industri makanan menggunakan warna merah, sementara industri teknologi menggunakan warna biru. Anda dapat menggunakan warna yang khas pada setiap industri jika ingin bermain aman. Bagi Anda pecinta inovasi, tentu saja boleh menggunakan warna lain karena itu bukan pakem warna dalam dunia industri. Hal terpenting, sesuaikan warna pilihan Anda dengan nilai brand.
Pemilihan warna pada desain akan berpengaruh terhadap emosional manusia. Warna biru dapat memberikan kepercayaan, rasa bahagia, serta simbol keramahan. Hitam identik dengan kekuatan dan formalitas. Merah memiliki kesan yang kuat, berani, serta menimbulkan gairah. Hijau memberikan aura yang menenangkan, harmonis, serta perkembangan kesuburan.. Sementara kuning mencerminkan keceriaan, kehangatan, kebahagiaan, serta harapan.
Nah, kini Anda sudah mengetahui jika pemilihan warna sangat berpengaruh terhadap preferensi audiens. Pilihlah warna yang sesuai dan tepat untuk desain andalan Anda. Warna yang tepat akan memberikan nyawa pada desain yang dihasilkan. Salam Kreatif!