Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: [email protected]. Terima Kasih!
Official Website Universitas Ma Chung.
T : (0341) 550 171
Email: [email protected]
Universitas Ma Chung
Villa Puncak Tidar N-01, 65151, Malang, IND
Kesan pertama tak jarang menjadi faktor penting seseorang dalam memandang sesuatu. Ketika dihadapkan dengan berbagai produk dengan nilai fungsi sama, umumnya produk dengan tampilan menariklah yang menjadi pilihannya. Ya, produk eye catching memang menang di hati konsumen pada pandangan pertama. Secara psikologis, produk dengan tampilan menarik tersebut akan membantu mengamankan kesan pertama dan mendorong penjualan produk di kemudian hari.
(Sumber: Photo by Studio Blackthorns on Unsplash)
Penggunaan kemasan produk yang menarik merupakan keputusan manajerial yang penting bagi sebuah brand atau perusahaan. Nah, pada kesempatan ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai kemasan produk hingga cara membuat desain kemasan produk yang tepat dan menarik bagi calon konsumen. Yuk, berikut ini penjelasannya!
Apa Sih Kemasan Produk?
(Sumber: Photo by BATCH by Wisconsin Hemp Scientific on Unsplash)
Kemasan merupakan bungkus, wadah, atau bagian luar suatu produk terkait bentuk, struktur, material, warna, tipografi, citra, dan elemen-elemen desain yang memuat informasi produk. Tujuan kemasan digunakan agar produk dapat ditransportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual, dan digunakan dengan baik dan layak. Membuat kemasan merupakan kata lain dari membangun identitas brand/merk untuk menghasilkan keunikan tersendiri.
Fungsi dan Manfaaf Pengemasan Produk
Secara luas, fungsi dan manfaat pengemasan produk sebagai berikut.
Secara fisik, kemasan berfungsi untuk melindungi produk dari kerusakan yang mungkin ditimbulkan karena berbagai faktor keadaan, seperti kelembabab, perubahan suhu, debu, dll
(Sumber: Photo by Studio Blackthorns on Unsplash)
Kemasan juga dapat berfungsi penting untuk menginformasikan nama produk, petunjuk penyimpanan, petunjuk penggunaan, kandungan bahan, informasi tanggal penggunaan dan kadaluwarsa, informasi layanan konsumen, dsb. Semakin lengkap informasi yang disampaikan dalam kemasan, semakin menarik pula produk tersebut bagi calon konsumen yang akan membelinya.
Kemasan dapat meningkatkan kenyamanan bagi distributor yang menangani barang dari produksi kepada konsumen. Kemasan dapat mengamankan barang dari benda-benda asing yang mungkin dapat merusak barang atau menimbulkan risiko pencurian.
(Sumber: Photo by RoseBox رز باکس on Unsplash)
Kemasan brand yang unik akan mudah dikenal oleh konsumen. Beberapa konsumen akan setia terhadap sebuah produk karena melihat brand yang dimilikunya.
Jenis-jenis Kemasan
(Sumber: Photo by MK +2 on Unsplash)
Jenis kemasan dibedakan berdasarkan kemasan primer, sekunder, serta tersier dan kuarter. Kemasan primer diperuntukkan membungkus makanan berupa bahan pangan langsung, seperti paper bowl, cup kopi, dll. Adapun kemasan sekunder digunakan untuk mengemas produk yang telah dibungkus kemasan primer seperti tote bag, karton, dsb. Terakhit, kemasan tersier dan kuarter digunakan untuk perlindungan selama pengangkutan.
Cara Membuat Desain Kemasan Produk yang Bagus dan Menarik
Salam kreatif DKV Ma Chung Solid!
Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka Segera Daftar Sekarang.