CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Wirausaha Berbasis Teknologi

by Humas Universitas Ma Chung / 4 January 2024 / Published in Machung

Wirausaha berbasis teknologi adalah kegiatan wirausaha yang dilakukan dengan memanfaatkan basis teknologi internet. Wirausaha berbasis teknologi ini merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki potensi sangat besar kedepannya. Hal ini didukung dengan fakta jumlah pengguna internet yang selalu bertambah setiap tahunnya. Sehingga semakin banyak pula peluang yang tercipta dalam bidang ini.

Di Indonesia sendiri, penetrasi internet sangat besar sekali. Melansir dari laman resmi bps.go.id, tercatat terdapat 62% dari penduduk Indonesia yang menggunakan internet pada tahun 2021 dan jumlah ini meningkat menjadi 66% pada tahun 2022. Sehingga hal ini merupakan peluang dan pasar yang sangat besar untuk berwirausaha.

Dalam wirausaha berbasis teknologi terdapat 3 jenis model usaha yang dapat dijalankan.

  1. Model 1 yakni menjual produk dengan memanfaatkan marketplace dan sosial media yang ada.
  2. Model 2 yakni sebagai content creator dengan menyajikan konten yang memiliki nilai yang menarik. Dari profesi sebagai content creator dapat pula mengarahkan audience untuk membeli produk yang kita sediakan.
  3. Model 3 yakni membuat produk digital seperti e-course, e-book, dan sebagainya. Salah satu kelebihan dari model ini adalah creator dapat membuat produk digital sekali saja namun dapat dijual hingga berkali-kali.

Selain itu dalam berwirausaha berbasis digital kita dapat memanfaatkan sistem affiliate marketing, dropship, serta menawarkan jasa seperti menulis, desain, edit video, dan sebagainya.

Windra Swastika, Ph.D, salah seorang dosen Teknik Informatika sekaligus seorang wirausaha berbasis digital mengatakan pada dasarnya semua hal yang kita lakukan atau passion yang kita miliki dapat dimanfaatkan sebagai peluang berwirausaha di dunia digital. Oleh karenanya, kita harus dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

“Kewirausahaan berbasis teknologi itu akan berkembang terus dan akan banyak dimanfaatkan. Sehingga jika kita tidak memanfaatkan, maka orang lain yang akan memanfaatkan” ungkapnya.

Ia juga berpesan apabila ingin memulai karier wirausaha berbasis teknologi penting untuk memahami model bisnis yang akan dilakukan terlebih dahulu. Misalnya apabila ingin berjualan produk fisik maka penting untuk memahami marketplace yang akan digunakan, cara mengiklankan produk, dan sebagainya.
Selain itu, keuntungan yang dapat dimanfaatkan dari wirausaha berbasis digital adalah kemampuannya untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

“Kalau pasar lokal maka pasarnya akan terbatas, tetapi kalau pasar digital/internet maka bisa menjangkau lebih luas” tambahnya.

Di Universitas Ma Chung, mahasiswa didorong untuk berwirausaha, salah satunya melalui mata kuliah kewirausahaan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan praktek langsung sebagai wirausaha. Hal ini sejalan dengan salah satu nilai Universitas Ma Chung yang mengedepankan kualitas dalam pembelajaran.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP