CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Macam-macam Teknik Pewarnaan Dasar dalam Menggambar!

by admin dkv / 6 June 2022 / Published in Machung

Mewarna merupakan kegiatan dasar kedua setelah menggambar. Mewarna merupakan serangkaian langkah membubuhkan warna atau cat pada gambar. Tentu gambar akan menjadi sempurna ketika berwarna. Penggunaan warna yang beraneka ragam umumnya disukai anak-anak.

@Source: Photo by Customerbox on Unsplash

Selain dapat membuat gambar lebih enak dipandang, perpaduan warna juga dapat mengasah kesesuaian perasaan kita. Pencampuran warna tidak selalu menghasilkan konsistensi hasil yang indah, bergantung pada kuantitas masing-masing warna yang dicampur. Kegiatan mewarna juga mengasah kesabaran serta keterampilan tangan. Kesabaran akan semakin terasah sebab kegiatan ini menuntut kita untuk membubuhkan cat pada garis atau bentuk yang digambar secara hati-hati.

Kegiatan mewarna dapat mewadahi kreativitas kita sebagai seniman dalam melakukan pewarnaan. Seniman bebas memilih warna yang sesuai dengan karya yang dimilikinya. Berikut beberapa cara melakukan pewarnaan.

Blocking

@Source: Photo by Alan Rodriguez on Unsplash

Blocking merupakan teknik dasar mewarnai dengan cara memblok dan memberi warna pada bidang gambar dengan menggunakan warna tertentu. Umumnya, jenis yang digunakan adalah satu warna saja. Teknik ini paling umum digunakan, terutama bagi pemula.

Gradasi

@Source: https://id.pinterest.com/pin/10766486601654008/

Berbeda dengan teknik bloking yang mewarna gambar menggunakan satu warna saja, teknik gradasi lebih menimbulkan kesan nyata pada gambar kita. Teknik gradasi dapat dilakukan dengan cara membubuhkan warna yang masih seirama, satu shade, dan bertingkat pada sebuah gambar. Dalum gambar sederhana, misalnya Anda ingin menggambar biru laut, maka mulailah dengan warna biru muda, biru langit, dan biru tua. Umumnya, gradasi diawali dengan memberi warna dasar primer pada keseluruhan permukaan gambar.

Mixing

@Source: https://id.pinterest.com/pin/106960559891324671/

Mixing berorientasi pada pencampuran warna dengan menggunakan goresan goresan linier (garis lurus) ataupun goresan circular (melingkar). Teknik ini akan menghasilkan perpaduan warna baru. Pemilihan jenis goresan dapat disesuaikan dengan objek yang kita gambar. Jika Anda ingin mewarnai langit, goresan yang lebih sesuai adalah goresan linear. Sementara itu, untuk mewarnai pohon dengan banyak daun, Anda dapat menggunakan goresan circular.

Finishing

@Source: https://id.pinterest.com/pin/477874210455316435/

Sesuai namanya, finishing merupakan tahap terakhir dari kegiatan mewarnai. Dalam teknik ini, Anda dapat melengkapi hasil gambar yang telah berwarna dengan menyempurnakan bagian-bagian tertentu yang dapat ditingkatkan kualitasnya. Pewarnaan gambar yang masih kasar juga dapat diperhalus kembali. Dengan demikian, hasil keseluruhan gambar akan tampak lebih baik dan menjadi sempurna.

Bagaimana, mudah bukan mempelajari teknik menggambar? Pemilihan teknik menggambar yang sesuai akan menyempurnakan karya yang dihasilkan. Salam kreatif, DKV Ma Chung Solid!

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP