CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Tips memilih Font yang Tepat untuk Desain Anda!

by admin dkv / Agustus 23, 2021 / Published in Machung

Memilih font yang tepat terkadang sangat sulit dan kurang cocok dengan layout yang kita buat, baik dalam me-layout cover buku, web, banner ataupun poster. Terkadang memilih font yang sesuai cukup memerlukan waktu dan tenaga, sehingga perlu adanya tips dalam menentukan font yang tepat.

©Photo by Marek Levák on Unsplash

 

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih font yang sesuai dengan layout Anda. Berikut tips yang bisa digunakan buat Machungers!

  1. Mudah untuk dibaca

Menampilkan font agar mudah dibaca seharusnya memperhatikan beberapa aspek lainnya seperti warna pada font ataupun background yang dipakai. Selain itu jenis font juga mempengaruhi tujuan dan mood desain yang dibuat. Seperti contoh jenis font serif lebih mudah terbaca jika dalam media cetak. Sedangkan font sans serif lebih baik jika digunakan untuk tampilan web.

©http://onlineoptimizers.eu

 

  1. Jelas Keterbacaannya (Readable)

Dalam membuat desain sebaiknya pilih fontyang mudah terbaca, sehingga pesan yang dibuat akan tersampaikan. Font yang mudah terbaca akan lebih mudah ditangkap oleh mata secara mudah dan lebih cepat diteruskan ke sistem otak kita untuk dapat diproses pesan yang disampaikan.

©https://anchordigital.com.au

 

Apabila Anda terpaksa menggunakan font seperti tipe handwriting (samping kanan), pastikan jarak antar huruf (kerning) cukup renggang. Penambahan kerning berfungsi dalam memperjelas keterbacaan sebuah font tiap huruf dalam font handwriting ataupun font yang jaraknya padat. Anda bisa mengurangi ataupun menambah kerning pada font yang anda pilih.

©https://www.elegantthemes.com

 

  1. Menggabungkan dua atau lebih font yang tepat

Ketika Anda sedang melayout sebuah desain sangat dimungkinkan terdapat dua atau lebih jenis font yang dipakai. Hal ini dimaksudkan agar tampilan lebih variatif dan desain yang Anda ciptakan tidak monoton dan artistik.

© https://blog.uberprints.com

 

Akan lebih baik jika Anda melayout sebuah desain tidak lebih dari 3 jenis font dalam satu tampilan. Apabila anda dihadapkan pada situasi seperti ini, pastikan font lain yang Anda pilih memiliki perbedaan yang jelas dan masih mempunyai kesatuan dengan font sebelumnya. Seperti contoh cover buku Perahu Kertas terdapat tiga jenis font yang berbeda dalam satu tampilan.

©http://sistasekartaji.blogspot.com

 

  1. Gunakan jenis font family yang beragam

Jenis font yang Anda pilih sebaiknya yang beragam (font family) dengan kata lain font sejenis yang memiliki perbedaan ukuran, ketebalan, dan penulisan. Beragam font family yang lengkap bisa Anda peroleh secara mudah dan gratis pada https://fonts.google.com. Keuntungan dalam menggunakan font family yaitu tulisan lebih variatif dan lebih mudah dalam merubah ukuran yang akan digunakan dalam sebuah desain. Selain itu desain Anda bisa menjadi lebih hidup sesuai dengan mood atau pesan yang ingin disampaikan.

 

©https://www.dafontfree.io/metropolis-font-free/

 

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP