CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Tiga desainer Top Dunia yang Berpengaruh Terhadap Perkembangan Desain

by admin dkv / 3 Desember 2021 / Published in Machung

Desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, yang termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

©Source: https://www.behance.net/gallery/403816/History-of-Graphic-Design-TimeLine

Sejarah desain grafis sangat panjang dan mengalami perkembangan setiap periode sesuai dengan kondisi pada jamannya. Kondisi tersebut dapat berupa perkembangan teknologi, budaya dan tentunya politik, salah satunya pada perang dunia I dan II. Gambar di atas merupakan perkembangan gaya desain grafis yang paling menonjol dari masa ke masa. Seiring dengan berkembangnya jaman dan teknologi terdapat desainer top dunia yang berpengaruh pada perkembangan desain grafis, diantaranya sebagai berikut:

Rob Janoff

©Source: https://www.forbes.com

Rob Janoff, pendesain logo Apple yang berbentuk buah apel tergigit, telah menciptakan sebuah logo yang menjadi ikonik. Logo simpel itu bertahan hingga lebih dari empat dekade. Tahukah Anda, saat mendesainnya, ternyata ia tak menyimpan konsep dan pemikiran yang rumit sama sekali. Padahal, hasil karyanya itu ditafsirkan khalayak dengan bermacam-macam interpretasi. Mitos pun berkembang dari logo itu. Bahkan, mitos di balik logo Apple telah dituliskan dalam berbagai literatur, termasuk buku tentang desain grafis.

©Source: Photo by Igor Son on Unsplash

Salah satu mitos yang muncul yakni warna pelangi yang diartikan dukungan Apple bagi tokoh pencetus komputer berkebangsaan Inggris, Alan Turing, yang seorang homoseksual. Sebagian lain mengartikan warna-warni itu menandakan Apple yang tercipta dari sebuah ruang karya yang terdiri dari beragam ide.

Michael Bierut

©Source: https://en.wikipedia.org/wiki/Michael_Bierut

Perancang dan pendidik Bierut telah menjadi mitra selama 27 tahun sekarang dan telah memenangkan ratusan penghargaan desain (dia juga mendapat pekerjaan tetap di MoMA). Sebelum Pentagram, Bierut bekerja selama 10 tahun di Vignelli Associates.

Proyek perancang di Pentagram mencakup identitas dan pencitraan merek untuk Benetton, the New York Jets, Walt Disney dan karya desain di majalah Billboard. Ini tentu saja, hanya sebagian kecil dari portofolionya yang luas. Bierut juga merupakan kritikus senior dalam desain grafis di Yale School of Art. Lihat Monografinya – How – to – published oleh Thames & Hudson pada tahun 2015.

©Source: https://www.archdaily.com/

Karya Bierut diantaranya IBM, Ford, desain Bloomingdale (masih ‘Brown Bag’ -nya masih digunakan sekarang), Saks, American Airlines dan banyak lagi sebagai klien, dan menghitung Micheal Bierut di antara anak didiknya, warisan Warisan Vignelli – mungkin yang paling menonjol di peta kereta bawah tanah dan papan reklame yang dirancangnya untuk New York City pada tahun 1972.

©Source: google.com

Pada saat kematiannya pada tahun 2014, perancang web Justin Reynolds menulis sebuah panduan mendalam untuk kita tentang apa yang bisa kita semua pelajari dari prinsip desain Vignelli. Lihat di sini.

Paula Scher

©Source: https://uprint.id/blog/paula-scher/

Paula Scher adalah seorang desainer grafis, pelukis dan pendidik seni dalam desain. Ia juga menjabat sebagai kepala sekolah wanita pertama di Pentagram, yang ia ikuti tahun 1991. (Wikipedia). Dia juga desainer wanita yang berasal Amerika Serikat yang lahir pada 6 Oktober 1948. Perjalanan karir Paula dimulai di CBS Records pada tahun 1972 hingga 1982. Beliau bersama CBS Records memproduksi sebanyak 150 cover album dalam 1 tahun. Berikut karya-karya Paula Scher yang terkenal.

©Source:  https://momentumcreative.id

Itulah tiga desainer top dunia yang berpengaruh pada perkembangan desain era sekarang. Masih banyak lagi desainer dunia yang hebat dan menjadi inspirator desainer pemula. Tetap berkarya dan salam kreatif!

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP