CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Taburan Prestasi di Dies Natalis XI

by Humas / July 9, 2018 / Published in Machung

Tanpa terasa, Universitas Ma Chung menginjak usia ke-11 pada tahun 2018 ini. Usia sebelas tahun masih tergolong muda untuk sebuah universitas, namun usia muda bukan berarti belum dapat mencapai prestasi besar. Lebih dari 1200  lulusan Universitas Ma Chung telah berkiprah di masyarakat, turut membangun nusa dan bangsa sesuai dengan prinsip Ma Chung “Minum Air Ingat Sumbernya” yang telah ditanamkan selama mereka kuliah.

 

“Universitas Ma Chung berinisiatif untuk bertransformasi dan berinovasi agar mampu terus bertumbuh dalam perubahan zaman, bahkan menjadi pemimpin dalam memberikan pendidikan terbaik kepada generasi penerus bangsa,” demikian jelas Dr. Chatief Kunjaya – Rektor Universitas Ma Chung. Oleh karena itu tema yang dipilih pada dies natalis tahun ini adalah Leading the Lines through Innovations. “Tema ini mengandung harapan bahwa setiap anggota sivitas akademika Universitas Ma Chung terus rela menjalani proses-proses transformasi yang membutuhkan kerja keras dan pengorbanan untuk menjadi institusi yang lebih mampu menghadapi tantangan zaman, walaupun telah meraih berbagai prestasi,” jelas beliau lagi.

Pada sepanjang tahun 2017-2018 ini, Universitas Ma Chung telah mendapatkan berbagai macam prestasi, antara lain:

Bidang Kelembagaan

  1. Peringkat Universitas Ma Chung di tingkat nasional secara institusi terus menanjak, dari 352 di tahun 2015 menjadi 235 di tahun 2016 dan 112 di tahun 2017.
  2. Diperolehnya Insentif Penguatan Sentra Kekayaan Intelektual dari Dirjen Penguatan Ristek dan Pengembangan Kemenristek Dikti untuk Sentra KI Universitas Ma Chung, yang memungkinkan Sentra KI Universitas Ma Chung untuk berkontribusi dalam mendukung dan membina pendirian Sentra KI di perguruan tinggi lain.
  3. Diperolehnya Hibah Program Transfer Kredit Luar Negeri dari Dirjen Belmawa Kemenristek Dikti.
  4. Diperolehnya Hibah Penguatan Kelembagaan Kantor Urusan Internasional 2018 bersama dengan dua perguruan tinggi swasta di Kota Malang lainnya untuk menyelenggarakan Joint International Summer Program pada 22 Juli hingga 1 Agustus 2018 mendatang dari Dirjen Kelembagaan, Iptek, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti.
  5. Diperolehnya Hibah Pusat Karir Lanjutan tahun 2018 dari Dirjen Belmawa Kemenristek Dikti untuk mengembangkan Pusat Karir Universitas Ma Chung.
  6. Diperolehnya Program World Class Professor dari Dirjen Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi guna meningkatkan kolaborasi riset Antara Universitas Ma Chung dan Universiti Teknologi Malaysia.
  7. Diperolehnya Hibah General Education 2018 dari Dirjen Belmawa Kemenristek Dikti yang akan mendukung pelaksanaan berbagai program Pendidikan Karakter dan Kepemimpinan di Universitas Ma Chung.

 

Bidang Penelitian

  1. Kategori perguruan tinggi utama untuk bidang penelitian telah dicapai dengan peringkat 98 dari 4530 perguruan tinggi. Pilar utama keunggulan penelitian Ma Chung adalah keberadaan MRCPP (Ma Chung Research Centre for Photosynthetic Pigments) yang merupakan Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi yang didukung oleh kemristek dikti. Dengan status sebagai perguruan tinggi kategori utama dalam bidang penelitian, para dosen diharapkan dapat meraih hibah-hibah penelitian dengan kategori yang lebih tinggi dan tidak dapat lagi melamar untuk mendapatkan hibah penelitian dosen pemula dari kemristek dikti.
  2. Diperolehnya Bantuan Penguatan Kelembagaan Pusat Unggulan Iptek dari Dirjen Pembinaan Kelembagaan, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti.
  3. Diperolehnya Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi dari Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti.
  4. Diperolehnya Hibah Penelitian Produk Terapan dari Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti.
  5. Diperolehnya Hibah Penelitian Dosen Pemula dari Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti.
  6. Diperolehnya Hibah Penelitian Penelitian Unggulan Strategis Nasional dari Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti.
  7. Diperolehnya Hibah Penelitian Berbasis Kompetensi dari Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti.

 

Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat

  1. Diperolehnya Hibah Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) dari Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti.
  2. Diperolehnya Hibah Ipteks bagi Inovasi dan Kreativitas Kampus dari Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti.
  3. Diperolehnya Hibah Ipteks bagi Masyarakat dari Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti.

 

Bidang Kemahasiswaan

  1. Prestasi sebagai Juara Harapan I dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Kopertis VII Jawa Timur atas nama Christopher Daniel Kurniawan
  2. Prestasi sebagai Finalis Olimpiade Nasional MIPA tingkat PT 2018 di bidang Kimia atas nama Arif Agung Wibowo
  3. Berbagai kelompok PKM yang didanai oleh Kemenristek Dikti
  4. Prestasi sebagau Kangmas Batu 2018 atas nama Adi Setyawan
  5. Juara 3 dalam College Student Innovation and Entrepreneurship Competition – Tongren University
  6. Juara 1 Nasional dalam Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia VII (Kemenristek Dikti) atas nama Jeremia Allan Prasetya.
  7. Runner-Up McDonald’s East Java Conference Liga Mahasiswa Basket 2017 oleh Tim Basket Putra Universitas Ma Chung
  8. Medali Perak dan Perunggu dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional 2017 cabang Renang oleh Tim Renang Universitas Ma Chung
  9. Prestasi dalam berbagai bidang lomba dan konferensi lainnya: Konferensi Nasional Akuntansi (KRA), Chinese Bridge, Food Product Development, Lomba Pengetahuan Umum Tiongkok, Pemilihan Miss Matos, Pharmasoed, Kejuaraan Wushu Nasional Terbuka, dan lain sebagainya.

 

Bidang Sumber Daya Manusia

  1. Diperolehnya prestasi untuk mengikuti TrainIQA Course within the Frame of the ASEAN-QA Project dari DAAD Jerman dan HRK “Dies Programme” yang didanai oleh the Federal Ministry for Economic Cooperation and Development (BMZ) atas nama Sunday Noya, S.T., M.MngtProct (Kepala Lembaga Penjamin Mutu).
  2. Diperolehnya prestasi untuk mengikuti DIES University Leadership and Management Training Course (UNILEAD) 2018 dari DAAD Jerman dan the Carl con Ossietzky, University of Oldenburg yang didanai oleh The Federal Ministry for Economic Cooperation and Development atas nama Prita Ika Dewi, S.TP (Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan).
  3. Diperolehnya prestasi untuk menjadi penyelenggara dan trainer dari program DIES International Deans’ Course for Private Hugher Education Institution (INADC-PHEI) – DAAD
  4. Juara 1 Nasional Tendik Berprestasi dari Kemenristek Dikti atas nama Siska, S.Psi (Kepala Urusan Pusat Karir), yang sekaligus sebagai Juara 3 Tendik Berprestasi tingkat Kopertis VII Jawa Timur.
  5. Juara 1 Laboran Berprestasi tingkat Kopertis VII Jawa Timur atas nama Marcellinus Alfasisurya, S.T (MRCPP)
  6. Juara 2 Dosen Berprestasi tingkat Kopertis VII Jawa Timur atas nama Tatas H.P. Brotosudarmo, Ph.D (Kepala PUI-MRCPP)

 

Prestasi tentu membutuhkan sumberdaya untuk mencapainya. Sumber daya di mana pun selalu ada batasnya, dengan kerjasama keterbatasan sumberdaya dapat diatasi dengan sharing fasilitas dan sumber daya. Kerjasama antar institusi sangat penting bukan hanya untuk reputasi tetapi juga untuk meraih capaian-capaian kinerja yang lebih tinggi. Tidak kurang dari 80 kerjasama telah ditanda-tangani baik dengan institusi dalam negri maupun luar negri, baik dengan perusahaan, universitas, sekolah, instansi pemerintah, lembaga penelitian, dan lain sebagainya; untuk meningkatkan kualitas dan keterserapan lulusan.

 

Di tingkat internasional telah dijalin kerjasama dengan berbagai institusi, misalnya DAAD Jerman dalam bidang peningkatan mutu institusi perguruan tinggi, dengan Tongren University, Hunan Normal University, Hang Zhou University, Tiongkok dalam bidang pertukaran mahasiswa dan staf pengajar, dengan, INHA University, Solbridge Business School, di Korea, Shizuoka University, Jepang, Universiti Teknologi Malaysia dan lain-lain. Kerjasama yang ada terus dikembangkan kegiatannya dan juga dikembangkan potensi kerjasama dengan universitas-universitas lain di berbagai negara.

 

Capaian-capaian tersebut tentu bukan hanya upaya satu atau dua orang, tetapi merupakan kerjasama dari semua pihak pemangku kepentingan Universitas Ma Chung, mulai dari pendiri, pembina, yayasan Harapan Bangsa Sejahtera, para pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni.

 

“Untuk itu saya bersama para pimpinan Universitas Ma Chung menyampaikan banyak terima kasih kepada Pendiri yang dimotori oleh Bapak Sugeng Hendarto dan Yayasan Harapan Bangsa Sejahtera yang dipimpin oleh Bapak Tee Teguh Kinarto, atas dukungan yang terus menerus untuk kemajuan Universitas Ma Chung,” demikian ungkap Dr. Kunjaya. “Terima kasih juga kepada dosen dan tenaga kependidikan yang telah bekerja keras mendidik mahasiswa dan memajukan universitas,” pungkas beliau.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka Segera Daftar Sekarang.

TOP