CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Wujudkan Usaha Menuju Green Campus Melalui UI Green Metric World University Ranking

by superadmin / January 29, 2021 / Published in Machung

Menjelang akhir 2020 yang lalu, Universitas Ma Chung berhasil masuk dalam penilaian UI Green Metric World University Ranking. Di peringkat dunia, Universitas Ma Chung menduduki peringkat ke – 860, sedangkan di peringkat nasional, Universitas Ma Chung menduduki peringkat ke – 77. Hal ini semakin mempertegas komitmen Universitas Ma Chung untuk menjadi kampus yang turut berperan serta dalam usaha mengelola kampus secara hijau dan berkelanjutan. Pemeringkatan kampus hijau yang dilakukan oleh Universitas Indonesia ini memiliki beberapa kriteria.

 

Penilaian UI GreenMetric 2020 dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Ekonomi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), serta Pendidikan dan Riset (18%). UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

 

Kini, UI Green Metric of World Universities semakin mendunia dan semakin banyak diikuti oleh perguruan tinggi di berbagai negara. Pada tahun ini, jumlah peserta mencapai 912 universitas dari 84 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya (2019) sebanyak 780 Perguruan Tinggi dari 85 negara. Beberapa negara yang baru bergabung di tahun 2020 adalah Kuwait, Lithuania, dan Belarusia.

 

Pengumuman pemeringkatan tahun 2020 yang diadakan secara virtual juga dihadiri oleh Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro. Dalam sambutannya, Menteri Bambang Brodjonegoro mengapresiasi inisiatif UI melalui UI GreenMetric yang menjadi lembaga pemeringkatan pertama dan satu-satunya dari Indonesia yang melibatkan ratusan perguruan tinggi di dunia. Selain itu, Menteri Bambang Brodjonegoro juga mendukung inisiatif UI GreenMetric yang membuat pemeringkatan berdasarkan komitmen dan tindakan nyata atas penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.

 

Senada dengannya, Dirjen Dikti Prof. Nizam mengapresiasi inisiatif UI GreenMetric yang menjadikan perguruan tinggi sebagai pusat pendorong pembangunan yang berkelanjutan. Menurutnya, dengan adanya pemeringkatan ini, perguruan tinggi akan semakin terpacu untuk menjadi pusat pengembangan dan pembangunan lingkungan hidup yang berkelanjutan demi planet, bumi dan seluruh penghuninya. Pada kesempatan yang sama, Wamen LHK Alue Dohong menyebutkan bahwa UI Green Metric menjadi terobosan besar dari perguruan tinggi.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP