CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Manfaat Gabung Organisasi Kampus

by superadmin / 5 Agustus 2021 / Published in Machung

Selain mengikuti perkuliahan di dalam kelas, mahasiswa juga difasilitasi untuk mengembangkan kemampuan berorganisasi. Bahkan, beberapa Universitas mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti organisasi kampus sebagai salah satu syarat kelulusan. Jadi, sebenarnya apa sih manfaat / keuntungan jika seorang mahasiswa bergabung ke organisasi kampus?

Organisasi Kampus

Setiap kampus memiliki pembagian / penamaan organisasinya masing-masing. Secara umum, di dalam sebuah Universitas setidaknya memiliki BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) yang bertugas untuk membuat dan melaksanakan kegiatan-kegiatan mahasiswa di luar waktu perkuliahan. Organisasi kampus dapat terbagi menjadi beberapa lingkup mulai dari tingkat Universitas, Fakultas, Jurusan, atau Prodi. Biasanya, semakin besar sebuah Universitas, maka organisasinya akan semakin terklasifikasi.

Universitas Ma Chung, memiliki beberapa organisasi kampus yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Di tingkat Universitas, terdapat BEMU (Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas), BPMU (Badan Perwakilan Mahasiswa Universitas), dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Di tingkat Fakultas, terdapat BPMF (Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas), dan di tingkat program studi terdapat HMP (Himpunan Mahasiswa Program Studi). Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai organisasi yang ada di Universitas Ma Chung, silakan klik di sini.

Organisasi Kampus

Rapat Organisasi Kampus – Universitas Ma Chung

Manfaat Gabung Organisasi Kampus

Dengan berbagung ke dalam organisasi kampus, mahasiswa akan mendapatkan beberapa manfaat antara lain sebagai berikut.

Kenalan / Relasi Baru

Mahasiswa tentu akan bertemu dengan mahasiswa dari kelas, prodi atau bahkan dari fakultas yang berbeda. Oleh karena itu, secara otomatis mahasiswa akan mendapatkan relasi baru yang akan memperluas jaringan dan pergaulan. Percayalah, relasi akan menjadi sebuah aset berharga di kemudian hari.

Meningkatkan Skill Komunikasi

Masih berhubungan dengan manfaat yang pertama, bergabung dengan organisasi kampus dapat meningkatkan kemampuan komunikasi. Dengan bertemu banyak orang baru, maka mahasiswa akan dituntut untuk belajar berkomunikasi dengan lebih baik. Selain itu, kemampuan public speaking juga akan diasah dengan rapat-rapat yang dilaksanakan.

Putting Theory into Practice

Bergabung dengan organisasi kampus juga menjadi kesempatan untuk mempraktikkan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama perkuliahan. Sebagai contoh, seorang mahasiswa dari program studi akuntansi akan mempraktekkan keahliannya sebagai bendahara. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk seorang mahasiswa mendapatkan ilmu tambahan karena tuntutan jabatan di dalam organisasi tersebut.

Time Management

Perkuliahan, tugas-tugas kampus, kepentingan pribadi, dan masih ditambah organisasi? Dengan bertambahnya kegiatan dan tanggungjawab, mahasiswa akan lebih terlatih untuk mengatur waktu. Skill untuk mengatur waktu ini akan menjadi bekal yang sangat berguna bagi mahasiswa.

 

Jadi, jangan ragu-ragu lagi untuk bergabung dengan organisasi kampus! Banyak sekali manfaat yang akan kalian dapatkan dan dapat menjadi bekal untuk masa depan. Semoga bermanfaat.

Gabung Organisasi Kampus

Instagram Resmi Universitas Ma Chung – @universitasmachung

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP