CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

MAC IS Universitas Ma Chung Dievaluasi oleh Mahasiswa Sistem Informasi

by admin SI / May 13, 2020 / Published in Machung

Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Ma Chung angkatan 2016, Gracecilla Aprillia Immanuel, mengevaluasi MAC IS. MAC IS sendiri adalah salah satu dari bagian sistem informasi tertintegrasi Universitas Ma Chung untuk entitas mahasiswa.

Apa yang dikerjakan oleh Gracecilla ini adalah bentuk penerapan dari pola kerja sistem informasi. Di sini mahasiswa tidak hanya dituntut untuk tidak hanya sekadar merencanakan, membuat, dan mengembangkan; tetapi juga harus berani mengevaluasi dan melakukan audit. Hal ini dilakukan agar terdapat perbaikan dan peningkatan business value dari sebuah organisasi.

Temuan ini menjadi bagian dari tugas akhir yang diuji dan dipertahankan pada 13 Mei 2020, dengan judul penelitian “Analsis Kepuasan Civitas Akademika terhadap Kualitas Sistem Informasi Akademik dengan Metode Importance Performace Analysis (IPA)”

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Webqual 4.0. Ini dijadikan sebagai acuan untuk membuat kuesioner yang nantinya akan disebarkan kepada responden dengan menggunakan perhitungan populasi dan sampel. Sedangkan penghitungan dilakukan dengan menerapkan metode Importance Performance Analysis (IPA).

Dari hasil penghitungan berdasarkan IPA, maka data dapat dimasukkan ke dalam diagram kartesius. Dari sinilah akan ketahuan indikator mana saja yang perlu dikembangkan lagi atau dipertahankan. Metode Importance Performance Analysis (IPA),  digunakan untuk melakukan penghitungan dan analisis penerimaan MAC IS dengan variabel sebagai berikut:  usability, information quality, dan service interaction quality.

Hasil analisis ini mengerucut pada beberapa rekomendasi. Beberapa contoh dari rekomendasi yang diberikan adalah:
1. Pada variabel service interaction quality,  diperlukan keterangan tambahan atau sosialiasi penggunaan MAC IS, terutama untuk penggunaan fitur poin keaktifan dan tanggungan keuangan.

2. Pada variabel usability, diperlukan fitur tambahan, yakni “help” untuk dapat membantu pengguna yang mengalami kesulitan dalam mengakses MAC IS. Fitur ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk menghubungkan user ke staf operator bila kesulitan belum teratasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai rata – rata yang diperoleh dari penilaian kinerja MAC IS adalah sebesar 77% dan dapat dianggap termasuk dalam kategori baik. Untuk indikator yang masuk dalam kuadran 1 adalah dari variabel usability.  Hasil temuan ini dapat dikatakan cukup baik mengingat MAC IS dikeluarkan sebagai pengganti dari MACSYS1 dan MACSSY2  dan baru digunakan pada tahun 2018. Dengan demikian memang masih butuh beberapa masukkan dan perbaikan untuk dapat menjadi aplikasi yang benar-benar  lengkap.

Terima kasih untuk Grace yang sudah berani menerima tantangan penelitian yang berorientasi pada sumbangsih sivitas akademika terhadap Universitas Ma Chung. Hasil jerih payah Anda untuk memberikan data dan informasi sangat berguna bagi pemangku kepentingan di Universitas Ma Chung sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan.

 

 

 

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP