CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Lokakarya Penulisan bersama Prosais Kritis Okky Madasari

by Admin Sasing / December 20, 2019 / Published in Machung

Program Studi Sastra Inggris Universitas Ma Chung, bekerja sama dengan komunitas Pelangi Sastra Malang, menyelenggarakan sebuah lokakarya penulisan cerpen sehari penuh. Lokakarya ini diadakan pada hari Jumat 13 Desember 2019 mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB di aula MDC, Lt. 5 Gedung RnD Universitas Ma Chung.

Lokakarya penulisan cerpen ini dipandu oleh Okky Madasari, seorang penulis nasional yang banyak menghasilkan karya penting dalam sepuluh tahun terakhir. Okky Madasari telah menerbitkan delapan novel dan satu buku kumpulan cerpen serta banyak cerpen yang diterbitkan di berbagai media massa. Selain itu, Okky Madasari juga telah memenangkan sejumlah penghargaan nasional di bidang penulisan, salah satunya penghargaan Khatulistiwa Award tahun 2012 untuk salah satu novelnya. Saat ini, Okky Madasari tengah menjalani studi doktoralnya di National University of Singapore (NUS) untuk melakukan studi atas cultural censorship.

Sejak diumumkan beberapa waktu sebelumnya, lokakarya ini dibatasi hanya untuk 20 peserta, demi memaksimalkan proses belajar dan praktik. “Dengan jumlah yang kecil ini, peserta dapat intens belajar tentang penulisan cerpen dari mendapat komentar serta masukan langsung dari narasumber,” kata Denny Mizhar, koordinator Pelangi Sastra Malang. Denny Mizhar turut mendampingi panitia selama berjalannya lokakarya.

Menjelang pukul 17.00 WIB, dalam pidato singkatnya untuk menutup kegiatan ini, Dr. Daniel Ginting, dekan Fakultas Bahasa dan Seni, mengatakan: “Sungguh mengejutkan melihat antusiasme para peserta sekalian menulis, melontarkan pertanyaan, dan berdiskusi hingga sesore ini.”

“Salah satu yang memuaskan bagi saya adalah melihat bagaimana peserta yang awalnya belum yakin akan menuliskan apa hingga akhirnya berhasil mendapatkan ide yang solid untuk ceritanya,” kata Okky Madasari mengomentari perkembangan gagasan cerita salah seorang peserta lokakarya.

Mengomentari peserta yang tidak yakin mengenai detail-detail ceritanya, Okky Madasari berkomentar, “Menulis cerita itu juga membutuhkan riset,” kata Okky Madasari ketika merangkum sesi lokakarya. “Ngobrol dengan orang itu riset. Nonton film juga. Membaca buku apalagi.” Okky menganjurkan peserta untuk membuka mata terhadap segala yang ada di sekeliling mereka untuk membuat sebuah cerita yang kuat secara logika.

Menurut Wawan Eko Yulianto, Ph.D., Kepala Program Studi Sastra Inggris yang juga mendampingi panitia, keterampilan mengkomunikasikan gagasan secara tertulis, baik dalam bentuk fiksi mau pun non-fiksi, adalah salah satu keterampilan yang perlu dikuasai oleh mahasiswa Sastra Inggris. Hal ini selaras dengan salah satu dari 7 kecakapan yang dibutuhkan untuk abad ke-21 (yang terdiri dari berpikir kritis dan pemecahan masalah, kolaborasi lintas jaringan, adaptabilitas, inisiatif dan kewirausahaan, komunitas lisan dan tulisan secara efektif, menganalisis informasi, dan imajinasi). Hal inilah yang mendasari program studi Sastra Inggris untuk berupaya selalu meningkatkan kemampuan menulis mahasiswanya maupun masyarakat umum. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat kerjasama dengan komunitas mitra, dalam hal ini komunitas Pelangi Sastra Malang, yang telah bekerja sama dalam sejumlah kegiatan, termasuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP