CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Kajian Penerapan Teknologi Pembayaran Digital dengan Metode TAM 2

by admin SI / May 12, 2020 / Published in Machung

Senin, 7 Mei 2020, dalam perjalanan dan suasana pandemi (COVID-19), program studi Sistem Informasi telah mencetak lulusan pertama untuk periode semester genap 2019 – 2020. Dalam Sidang Tertutup Tugas Akhir, Pandyawan Kusumo Kresno Putro, Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi angkatan 2016 ini berhasil mempertahankan dan mempertanggung jawabkan penelitian pada rangkaian tugas akhir dengan judul “Analisis Penerimaan Penerapan Teknologi Pembayaran Digital di Universitas Ma Chung dengan Metode Technology Acceptance Model 2 (TAM 2).

Latar belakang Pandyawan mengambil judul ini adalah keinginan dan ketertarikannya untuk membuat Universitas Ma Chung menjadi semakin terdepan dalam penggunaan teknologi informasi. Tidak hanya dalam hal manajerial, tapi juga pada penggunaan IT atau IT Adoption pada kehidupan sehari-hari.  Kajian awal ini layak untuk dijalankan sebagai titik pihak untuk menentukan arah pengembangan sebuah sistem informasi dan  kelanjutan pengembangan keilmuan.

Meski dilaksanakan secara daring, pelaksanaan ujian ini dirasa lebih greget dan jauh lebih berkualitas, karena secara psikologi penguji dan yang diuji sama sama dalam kondisi santai tapi serius, mengupas satu persatu detail dari hasil riset yang sudah dilakukan.

Penelitian ini dilakukan dengan sebuat metode yang bernama Technology Acceptance Model 2. Metode ini memiliki beberapa konstruk yang bisa digunakan untuk menilai pendapat dari para civitas di Universitas Ma Chung. Metode tersebut juga nantinya bisa menunjukkan hubungan dan pengaruh antar variabel.

Berdasarkan hasil penelitian,  faktor-faktor yang dipilih pada pengujian hipotesis ternyata saling berhubungan dan berpengaruh positif terhadap masing-masing variabel. Sebagai contoh, dapat diketahui bahwa responden menginginkan pembayaran digital di Universitas Ma Chung karena itu memiliki jaminan keamanan.

Pada akhir penelitian ada beberapa kesimpulan yang sekaligus dapat menjadi rekomendasi

  1. Transaksi menggunakan dompet digital adalah preferensi utama mahasiswa. Sehingga opsi pembayaran ini dapat didahulukan ketimbang transaksi dengan metode lainnya. Responden juga menginginkan agar nantinya dompet digital dapat secara langsung terhubung dengan pekerjaan mereka dan sedikit-banyak meringankan beban pekerjaan mereka
  2. Responden ingin agar metode pembayaran dengan dompet digital betul-betul aman, tepat dan akurat dalam setiap transaksinya
  3. Responden menginginkan dompet digital nantinya dapat membuat transaksi mereka lebih cepat dan efektif

Ada banyak hal yang bisa diteruskan untuk penelitian lanjutan. Apa yang menjadi hasil temuan dalam penelitian ini semakin menegaskan kompetensi para lulusannya. Setiap lulusan Sistem Informasi itu harus bisa menjawab permasalahan: how To plan, how to build and code, how to develop dan how to manage.

Selamat Atas Kelulusan Sdr Pandywan Semoga Sukses Kedepan, Dan Jangan Lupa Kalau Sudah Sukses “Kalau Minum Air Jangan Lupa Sumbernya” Ingatlah Almamater Mu

Go… SI … Go … SI … Go…. (*Yk)

 

 

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP