CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Industri masa depan

by admin industri / April 19, 2020 / Published in Machung

Selamat datang di #industrialseries – kali ini mengenai industri masa depan.

Seperti yang dibahas pada #industrialseries sebelumnya, pola konsumsi linear, yakni beli – pakai – buang, adalah masalah besar untuk keberlanjutan dunia.

Non renewable resources ludes, sampah menggunung, adalah  tantangan besar yang akan/sedang/sudah  dihadapi penduduk di belahan bumi ini.

Solusi? salah satunya adalah pola konsumsi ekonomi sirkular. Apa itu? Google dulu, gih..  saya beri waktu.

Dari sudut pandang industri/produsen, paling tidak ada tiga strategi yang bisa digunakan, yakni recycle, reuse dan re-manufacture. Terjemah bebasnya, diolah lagi, digunakan lagi dan  diproduksi lagi. Tujuan besarnya, hanya dua. Mengurangi penggunaan raw material, dan mengebiri timbulan sampah.

kita bahas satu satu, recycle dulu.

Apa yang bisa direcycle? Idealnya semua. Iya, semua bagian produk yang kita konsumsi atau kita gunakan sehari hari. Tapi mari kita mulai dulu dengan yang paling bermasalah. Apa itu? Plastik.

Sampah plastik memang menjadi sedemikian horor. Di Indonesia,  ceritanya lebih ngeri dari kunti. Tidak saya bahas disini, butuh menahan emosi untuk menulisnyi.

Untunglah, ada beberapa perusahaan yang fokus kepada recycle. Salah satunya adalah PT Repal Indonesia. Perusahaan asli Aussie yang memproduksi palet dengan bahan baku utama sampah plastik.

Kapan hari Rubik menginisiasi webinar dengan Pak Vincent, Manajer Procurement di perusahaan itu. Tema dasarnya adalah SCM Supply Chain Management, tapi bahasannya jadi mblakrak kemana2. Seru!. Mahasiswa Teknik Industri seneng sekali.

Kita butuh lebih banyak Repal di Industri Masa Depan.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP