CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Elemen-elemen yang Digunakan dalam Membuat Logo (Part 1)

by admin dkv / 1 Oktober 2021 / Published in Machung

Berbicara soal logo tidak aka nada habisnya karena setiap periode akan berubah baik gaya,bentuk maupun coraknya. Untuk logo sendiri sendiri sudah ada sejak 2700 SM berbentuk cap yang digunakan untuk tanda kepemilikan hewan ternak di jaman Mesir Kuno. Selain itu banyak lagi barang-barang yang dibuat pada jaman itu ditandai sebagai sebuah hasil karya. Tanda-tanda inilah yang kemudian berkembang sebagai identitas hingga saat ini menjadi logo.

©Photo by Aleks Dorohovich on Unsplash

Pembuatan logo menggunakan beberapa elemen-elemen (unsur-unsur) grafis diantaranya adalah titik (poin), Garis (line), bidang (shape), dan ruang. Berikut beberapa elemen dan hasil contoh yang digunakan dalam membentuk sebuah logo .

  1. Poin (titik)

Titik merupakan elemen yang paling sederhana dalam sebuah unsur grafis. Dimana dalam membuatnya sangatlah mudah. Komposisi titik yang teratur dan sesuai dengan prinsip desain grafis akan menghasilkan sebuah logo yang menarik. Berikut beberapa contoh logo yang dibuat dari elemen titik (poin).

©Source: Google.com

 

  1. Garis (line)

Garis merupakan gabungan dari dua ataupun lebih titik yang dihubungkan. Garis merupakan elemen yang sering digunakan dalam membuat logo. Terdapat dua macam garis yang digunakan diantaranya garis lurus, lengkung. Dua macam ini bisa dikombinasikan menjadi garis tidak beraturan. Akan tetapi garis yang sering digunakan dalam membuat logo paling banyak yaotu garis lurus dan lengkung.

  1. Garis lurus

Garis lurus merupakan garis yang tegas, posisi garis ini bisa horizontal, vertical ataupun diagonal.

©https://idseducation.com/ini-dia-arti-garis-yang-perlu-kamu-tahu/

Ketiga garis ini bisa dikombinasikan menjadi bentuk logo yang menarik dan sesuai dengan brand yang dibuat. Berikut contoh logo yang dibentuk dari garis lurus.

©https://www.revivaltv.id

 

  1. Garis lengkung

Garis lengkung mempunyai karakter yang fleksibel. Garis ini berbentuk gelombang ataupun seperti setengah lingkaran yang dibuat berulang.

©http://thewebdriver.blogspot.com

Garis-garis lengkung dapat dikombinasikan menjadi beberapa bentuk yang atraktif dan menarik dari sebuah logo. Berikut beberapa contoh logo yang menggunakan garis lengkung

©Source: Google.com

Itulah beberapa contoh logo yang menggunakan elemen titik dan garis. Untuk selanjutnya akan dibahas elemen yang lain pada part 2 ya!. Salam kreatif!

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP