CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Lakukan Hal ini Saat Stress Mengerjakan Skripsi

by superadmin / 21 April 2022 / Published in Machung

Masa-masa mengerjakan skripsi memang masa yang menantang. Mulai dari mempertimbangkan judul penelitian, mencari dosen pembimbing yang paling cocok untuk topik yang akan diambil, menghubungi narasumber yang mau diwawancarai, sampai mengumpulkan data yang diperlukan untuk menyelesaikan skripsi itu sendiri.

Karena beratnya tekanan dalam proses pengerjaan skripsi ini, banyak mahasiswa yang akhirnya menyerah kalah dan stress mengerjakan skripsi. Nah, supaya semangatmu mengerjakan skripsi bertambah dan kamu terhindar dari keinginan menyerah, disini mimin akan menjabarkan untukmu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kejenuhan dan stress mengerjakan skripsi. Sepenting apapun tugasmu itu, setiap orang butuh waktu break atau istirahat. Yuk, pastikan masa istirahatmu berfaedah dengan kegiatan-kegiatan di bawah ini!

Stress Mengerjakan Skripsi
Foto oleh energepic.com dari Pexels

Mencari Dukungan Sosial

Dukungan sosial dan peristiwa menyenangkan dipercaya dapat mengurangi stress mengerjakan skripsi. Oleh karena itu, temuilah teman, sahabat, dan orang lain yang dapat menjadi tempat berkeluh kesah sehingga tingkat stresmu berkurang.

Dengan berbagi dan bercerita dengan orang lain, pikiran-pikiran negatifmu akan jauh lebih berkurang. Rasa percaya diri juga akan meningkat karena kamu merasa orang lain akan senantiasa mendukungmu apapun yang terjadi. Selayaknya makhluk sosial, manusia akan saling membutuhkan satu sama lain. Pastikan kamu memiliki satu orang atau lebih yang kamu percaya (teman, saudara, atau keluarga) sebagai tempat untuk berbagi cerita saat stress.

Aktif Secara Fisik

Situasi yang stressful serta penuh dengan tekanan akan meningkatkan produksi hormon stres adrenalin dan kortisol di dalam tubuh. Latihan fisik atau olahraga dapat digunakan sebagai pengganti untuk metabolisme hormon stress mengerjakan skripsi yang berlebihan tersebut. Setelah metabolisme terjadi, tubuh dan pikiran akan menjadi lebih tenang dan rileks dalam menghadapi sesuatu.

Ketika merasa stres, tertekan, dan jenuh saat mengerjakan skripsi, cobalah untuk berjalan-jalan dan menghirup udara segar. Kamu bisa mencobanya dengan melakukan aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian mu secara teratur. Misalnya, sebelum atau sesudah mengerjakan skripsi, atau setelah makan pagi. Terlebih lagi, aktivitas fisik yang teratur juga akan meningkatkan kualitas tidurmu, loh.

Tidur Cukup dan Berkualitas

Mahasiswa tingkat akhir sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya begadang? Sudah hal yang lumrah di kalangan mahasiswa untuk mengerjakan skripsi di malam hari, lantas lanjut hingga pagi hari. Namun akibatnya, tidur kurang berkualitas dan jumlah jam tidur pokok tidak terpenuhi. Tahukah kamu bahwa kekurangan jam tidur adalah salah satu penyebab utama stres?

Untuk mengatasi rasa stress tersebut, cobalah untuk merelaksasikan diri sebelum tidur. Pastikan kamar tidur dalam keadaan yang nyaman dan terhindar dari hal-hal yang mengingatkanmu pada rasa stress mengerjakan skripsi. Hindari mengkonsumsi kafein di sore hari yang dapat mempengaruhi keinginan untuk tidur. Sebisa mungkin, jauhi pekerjaan yang melelahkan mental di malam hari agar badan dan otak rileks saat akan tidur.

Cobalah untuk mandi dengan air hangat, membaca buku, atau hal lainnya yang dapat menenangkan pikiran. Istirahatkan mata, lupakan hal-hal yang selama ini membuatmu merasa cemas, misalnya skripsi. Tidurlah dalam waktu yang rutin di setiap harinya, agar tubuh memiliki jam yang pasti dan rutin untuk beristirahat. Jangan sepelekan masalah tidur, ya.

Mencoba Teknik Relaksasi

Kamu bisa mencoba teknik relaksasi sebagai salah satu alternatif untuk mengurangi rasa stress mengerjakan skripsi. Salah satu teknik relaksasi yang paling sederhana dan dapat dilakukan di mana saja adalah self-hypnosis. Pilih satu kata atau frasa bermakna positif yang paling berarti untukmu. Contohnya adalah kata: tenang, damai, I can, all is well, aku pasti bisa, aku akan melewati ini semua.

Pejamkan mata sejenak, bayangkanlah kata positif tersebut di dalam pikiran. Buang dan hilangkan pikiran-pikiran negatif yang selama ini menghantuimu. Ulangilah kata positif tersebut sampai hati dan pikiranmu menjadi lebih tenang. Jangan pernah merasa bahwa relaksasi adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Tenang saja, relaksasi adalah sebuah keterampilan yang akan meningkat dengan sendirinya apabila sering dilakukan.

Senantiasa Berpikiran Positif

Cobalah untuk menjadi seseorang yang optimis dan memiliki pandangan baik ke masa depan. Percaya pada dirimu sendiri bahwa kamu pasti bisa menyelesaikan ini semua, Jika terbiasa berpikir optimis, maka otak akan otomatis merespon dengan perasaan bahagia sehingga terhindar dari rasa cemas dan stress mengerjakan skripsi. Setelah itu, kamu dapat menjalani hari dengan lebih percaya diri.

Cara paling sederhana untuk membiasakan berpikir optimis adalah dengan menulis atau memasang wallpaper kata-kata motivasi di handphone. Kamu juga bisa memasang poster yang penuh inspirasi di dinding kamar tidur. Nantinya, setiap kali kamu melihat poster tersebut, hati menjadi lebih damai dan tenang. Dengarkanlah lagu-lagu dengan nada dan lirik yang positif dan bersemangat, sehingga jiwa dan pikiran menjadi lebih damai.

machung.ac.id

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP