CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Bersatu Melawan Penyebaran Virus Corona

by superadmin / March 13, 2020 / Published in Machung

COVID-19 atau Virus Corona tidak dapat disepelekan, virus yang kini menyebar di lebih dari 90 negara di dunia dan menjangkit sekitar lebih dari 130.000 orang ini dapat dibilang berbahaya walaupun resiko kematiannya sekitar 3,8% namun penyebaran dari virus corona ini tidak bisa disepelekan. Dan di Indonesia sendiri virus corona menjangkit sekitar 69 warga, dan 2 orang yang sudah dinyatakan meninggal dunia.

Hal dasar yang perlu diketahui mengenai virus ini adalah gejala awal  yaitu seperti demam, sulit bernafas, gangguan fungsi hati dan ginjal serta pneumonia. Selain itu, masa inkubasi virus ini adalah 1-14 hari, namun umumnya adalah 5 hari saja dan orang-orang yang rentan terinfeksi virus ini adalah orang yang telah berusia lanjut atau yang memiliki riwayat kesehatan kurang baik.

Beberapa negara yang memiliki jumlah warga yang positif terinfeksi corona terbanyak adalah Tiongkok, Korea Selatan, Italia, Iran, Jerman dan Prancis, dan di Asia Tenggara sendiri adalah Singapura dan Malaysia.

Efek penyebaran penyakit ini terhadap kepariwisataan sendiri dapat dilihat dan dirasakan dengan murahnya tiket pesawat ke berbagai negara. Salah satunya adalah tiket dari Jakarta ke Korea Selatan yang hanya mencapai harga kurang dari 1juta p.p untuk 2 orang. Namun demikian, WHO tetap menghimbau untuk tidak melakukan perjalanan ke negara-negara yang paling banyak terdampak penyakit COVID-19 tersebut.

Langkah yang harus diambil jika merasa mengalami gejala seperti demam, batuk dan kesulitan bernafas adalah dengan segera menghubungi tenaga medis terdekat namun sebelum itu alangkah baiknya jika menghubungi via telepon terlebih dahulu untuk memastikannya. Dan Rumah Sakit rujukan untuk pasien yang terdampak virus corona di Malang adalah RSUD dr. Saiful Anwar.

Penyebaran virus corona dapat diatasi dengan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, atau menggunakan hand sanitizer serta hindari terlalu sering menyentuh wajah khususnya mata, hidung, dan mulut. Bukan hanya itu, tetapi juga jagalah jarak saat bersin/batuk agar tidak terkena pada orang di sekitar, gunakan masker saat sedang sakit atau flu. Dan yang tidak kalah penting yang harus dilakukan adalah makan makanan yang bergizi, perbanyak mengkonsumsi sayur dan juga buah yang mengandung banyak vitamin.

 

Sumber : who.int (laman resmi World Health Organization)

 

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP