CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Beberapa Tips dalam Membuat Portofolio Desain Grafis Anda menjadi Menarik!

by admin dkv / 3 Desember 2021 / Published in Machung

Jika Anda sudah belajar tentang desain grafis atau bahkan kursus di bidang itu, kamu akan menguasai skill penting di dunia desain grafis. Tentunya Anda perlu membuat portofolio yang menarik agar ada klien datang dan memerlukan jasamu. Di era digital ini Portofolio dapat dibuat secara online dan tentunya lebih menarik dan lebih mudah dibuat.

©Source: https://dribbble.com/shots/8565380-Portofolio-Template/

Berikut beberapa tips dalam membuat portofolio yang menarik dibawah ini:

1. Memilih karya secara selektif

Untuk memulainya, kumpulkan dahulu semua hasil proyek yang sudah kamu kerjakan. Mulai dari proyek kecil sampai juga proyek besar. Setelah itu, kamu bisa urutkan sesuai dengan hasilnya mulai dari yang biasa saja sampai yang terbaik. Klien biasanya melihat 3-5 karya yang terbaik sebagai titik awal penilaian mereka. Klien menyukai desainer yang memiliki berbagai keterampilan, tetapi mereka umumnya lebih suka mempekerjakan seseorang yang benar-benar ahli dalam keterampilan yang dibutuhkan. Mereka biasanya mengutamakan itu daripada seseorang yang memiliki pemahaman dasar tentang banyak aspek desain yang berbeda.

©Source: https://dribbble.com/shots/16079927-Design-Portfolio/attachments/

2. Tentukan platform yang jelas

Setelah kamu mengkurasi semua karya, pilihlah platform yang tepat untuk mengupload portofoliomu. Kamu bisa mencari situs atau bahkan membuat domain khusus untuk menampilkan hasil karyamu. Selain itu, sudah banyak sekali platform atau cara yang dapat menunjukkan spesialisasimu. Contohnya pembuatan filter di Instagram bisa menciptakan awareness untuk nama pembuat di Instagram. Semakin banyak karyamu dipakai, orang lain akan mencari tahumu lebih lanjut.

©Source: https://www.freepik.com

3. Mengelola projek kecil hingga besar dengan baik

Jangan khawatir jika kamu belum memiliki banyak proyek yang dikerjakan. Kamu bisa memulainya dengan menerima proyek kecil-kecil yang mungkin awalnya merupakan tawaran teman. Kerjakan proyek yang diberikan dengan sepenuh hati hingga hasilnya memuaskan. Memuaskan klien serta memuaskan hatimu. Percayalah, proyek kecil yang sudah kamu kerjakan lama-lama akan menjadi banyak. Kamu bisa mulai untuk menciptakan style atau personal branding dalam desain sehingga klien bisa melihat konsistensi dari karyamu.

©Source: Photo by Firmbee.com on Unsplash

4. Jelaskan beberapa proyek karya secara singkat

Setelah mengumpulkan banyak karya, kini saatnya menyiapkan portofolio! Kebanyakan klien akan menghabiskan waktu 60 detik saja untuk melihat kumpulan karyamu dan memutuskan untuk menggunakan jasa seorang graphic designer. Hal yang harus dilakukan adalah menguraikan masalah awal dan diskusikan bagaimana cara penyelesaiannya. Jelaskan peranmu dalam proses desain serta tunjukkan prosesnya dengan deskripsi singkat. Selain itu, tampilkan sketsa awal dan jelaskan masalah yang  ditemui saat mengerjakan proyek,  jelaskan bagaimana kamu mengatasi masalah tersebut. Terakhir, tunjukkan desain-desain yang sudah kamu kerjakan tersebut.

©Source: Photo by Brad Neathery on Unsplash

5. Buat kesan pertama yang kuat

Dengan segala karya yang sudah kamu buat, buatlah klien memiliki gambaran jelas saat pertama kali melihat karyamu. Gambaran jelas ini maksudnya seperti style gambar, fokus, dan juga spesialisasi desainmu. Jika kamu membuat portoflio di dalam website, kamu harus menampilkan dengan jelas siapa diri dan kemampuanmu.

©Source: Photo by Balázs Kétyi on Unsplash

6. Gunakan webiste portofolio online yang jelas

Catatan penting lagi jika kamu ingin membuat portofolio di website, buatlah semudah mungkin saat dibaca. Klasifikasikan karyamu sesuai dengan jenisnya. Buatlah semudah mungkin saat dibaca oleh klien supaya mereka dapat memilah karya yang relevan untuk kebutuhannya.

©Source: Photo by Thor Schroeder on Unsplash

Itulah beberapa tips untuk membuat portofolio online Anda secara menarik dan mudah diakses oleh semua orang, tetaplah berkarya. Salam kreatif!

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP