CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Bagaimana Disiplin Teknik Industri untuk Menghadapi Tantangan Era Sekarang?

by admin industri / September 13, 2021 / Published in Machung

Universitas Ma Chung mendapat kesempatan menjadi tuan rumah rangkaian seminar nasional Teknik Industri. Acara ini berlangsung pada tanggal 18 Agustus 2021 dan dilaksanakan melalui online (zoom meeting). Seminar ini dihadiri oleh kurang lebih peserta dengan benefit mendapatkan e-certificate.  Acara kali ini dipandu oleh Kepala Program Studi Teknik Industri sendiri yaitu Bapak Yuswono Hadi, ST, MT. Seminar nasional ini sendiri membahas mengenai revolusi industri yang sedang terjadi yang menimbulkan pertanyaan perlu adaptasi atau terdistrupsi. Materi seminar nasional ini dibawakan oleh Bapak Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc, IPU.

Profil singkat mengenai pembicara, Pak Sritomo merupakan dosen senior Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Pak Sritomo merupakan aktif dalam ilmu ergonomi dan menjadi dewan penasehat Badan Kerjasama Teknik Industri di Indonesia. Beliau menjadi salah satu pendiri program studi Teknik Industri di ITS. Pak Sritomo mempunyai buku Ergonomi Studi Gerakan Waktu dan Tata Letak Pabrik.

Gambaran singkat mengenai isi seminar nasional ini mengenai bagiamana disiplin teknik industri dalam menghadapi tantangan di era sekarang. Pada sambutan rektor Universitas Ma Chung disebutkan universitas / perguruan tinggi sekarang menjadi mercusuar untuk menyelamatkan bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan. Tantangan era saat ini dihadapkan pada wabah pandemi dan berakibat pada ekonomi industri yang terhambat. Sebuah industri timbul dari kebutuhan manusia untuk menghasilkan produk sejumlah kebutuhan dengan upaya meningkatkan produktivitas. Industri ada 2 jenis yaitu manufaktur (produk fisik) dan jasa. Seluruh proses produksi ini berawal dari input (bahan baku) dilanjutkan proses (nilai tambah dengan transformasi fisik) dan output (produk). Peningkatkan produktivitas menjadi tuntutan saat ini dengan bantuan teknologi dan sumber daya manusia. Fase saat ini berbagai perusahaan juga dituntut untuk bersaing mendatangkan inovasi baru. Teknik Industri lahir dari kebutuhan keterampilan dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi di sebuah proses produksi. Teknik Industri berfokus pada merancang, mengkontruksi, dan menintegrasikan sistem. Disiplin teknik industri mulai dari dinamika aliran material dan uang (nilai tambah), dinamika aliran informasi (pengambilan keputusan), bergerak makro (rantai pasok).

Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP