CARA MENDAFTAR

1 Kunjungi pmb.machung.ac.id.
2 Lengkapi Data.
3 Tunggu Email Konfirmasi

Hubungi Kami Di 0811 3610 414, atau kirimkan email ke: info@machung.ac.id. Terima Kasih!

Jadwal Buka ADMISI UMC

Senin-Jumat 8:00AM - 5:00PM

Kompetisi Pengajaran Virtual Guru SMP dan SMA/SMK/MA

Tema : Inovasi Pembelajaran Era New Normal

PENDAHULUAN

Pandemi Covid-19 di tahun 2020 mengakibatkan Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB). Melalui Peraturan Menteri Kesehatan No. 9 Tahun 2020, PSBB dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 yang mengharuskan pembatasan kegiatan yang bersifat kerumunan. Salah satu hal yang terdampak adalah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di dalam gedung sekolah sehingga perlu adanya pembatasan dari pihak sekolah.

Proses pembelajaran tidak boleh berhenti, oleh sebab itu, semua sekolah mewajibkan adanya pembelajaran daring atau disebut sebagai Online Learning / E-Learning. Online learning menjadi salah satu terobosan utama pembelajaran di masa pandemi ini. Kegiatan online learning ini menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru. Guru dituntut untuk lebih up to date terhadap perkembangan teknologi digital. Ide kreatif seorang guru diperlukan agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik di mata siswa.

Observasi yang dilakukan oleh Herdiana (2021) menemukan bahwa peserta didik yang menempuh pembelajaran online learning dalam jangka waktu lama cenderung mengalami peningkatan kejenuhan emosional. Hal ini disebabkan oleh minimnya interaksi yang terjadi antara guru dan murid ketika melakukan kegiatan online learning (Putri, 2020). Interaksi yang minim ini dapat memperlambat terbentuknya “nilai” dalam proses belajar. Oleh sebab itu, guru memiliki peranan penting dalam mengembangkan sebuah inovasi pembelajaran yang mampu menurunkan tingkat kejenuhan emosional pada siswa atau peserta didik.

Pada masa saat ini, mutu pendidikan dapat meningkat jika guru memiliki inovasi pembelajaran yang kreatif. Peran seorang guru dalam menghasilkan inovasi pembelajaran menjadi sangat penting. Inovasi pembelajaran yang kreatif dapat meningkatkan daya tarik siswa terhadap mata pelajaran yang dipelajari dan memudahkan siswa dalam mempelajari materi.

Tujuan

1. Meningkatkan daya kreativitas guru dalam masa pembelajaran daring

2. Meningkatkan kemampuan guru dalam berinovasi untuk mengembangkan metode pembelajaran daring

3. Meningkatkan minat belajar siswa dalam masa pembelajaran daring

Sasaran

  • Guru SMP
  • Guru SMA/SMK/MA

Dasar Hukum

1. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tentang standar kualifikasi Akademik dan Kompetisi Guru.

Hasil yang Diharapkan

1. Guru mampu meningkatkan kemampuan dalam menciptakan sebuah inovasi pembelajaran kepada peserta didik

2. Kompetisi ini dapat memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran yang nantinya dapat dikembangkan dalam Diklat/Bimtek/Workshop

3. Terpilihnya pemenang dipilihnya 3 pemenang untuk masing-masing kategori (SMP dan SMA)

Persyaratan Peserta

1. Sudah mendapatkan persetujuan dari Kepala Sekolah yang dibuktikan dengan adanya Surat Persetujuan dari Kepala Sekolah (Formnya dr panitia shg seragam)

Ketentuan Video Karya

1. Video merupakan karya orisinil (bukan plagiat) yang belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan apapun

2. Tidak mengandung SARA

3. Jika peserta menggunakan background music diwajibkan tidak melanggar hak cipta

4. Video harus diupload ke platform youtube pada periode waktu yg diakui yaitu 23 Mei 2021 -30 Juni 2021. Video yang diupload sebelum atau setelah tanggal tersebut dianggap peserta tidak lolos.

5. Peserta diharapkan sudah memiliki/mendaftarkan diri pada akun YouTube sebelum mengisi link pendaftaran pada Kompetisi Inovasi Pembelajaran New Normal

6. Konten video didesain sekreatif mungkin tidak ada standar baku. Disesuaikan dengan kreatifitas peserta.

7. Konten video maksimal 5 menit.

8. Isi Konten :

  • Penjelasan dan demonstrasi metode pembelajaran yang dipakai
  • Pengisi suara adalah suara dari peserta (video memiliki narasi)

Mekanisme Kompetisi

Tahap 1 : Seleksi Administrasi

  • Calon Peserta mendaftar pada Form Pendaftaran
  • Pengecekan berkas : Surat Pengantar persetujuan dari Kepala Sekolah
  • Peserta melakukan upload VIDEO INOVASI PEMBELAJARAN + Narasi Video Inovasi Pembelajaran pada Form Hasil Karya

Tahap 2 : Penjurian Karya

  • Dewan juri melakukan penilaian VIDEO INOVASI PEMBELAJARAN yang telah lolos di tahap 1
  • 10 karya terbaik yang lolos penjurian akan dipilih ke babak final (dibagi 2 kategori SMP, SMA)

Tahap 3 : Final

  • 10 Karya yang terbaik akan diupload di Instagram Universitas Ma Chung
  • Pemenang akan diumumkan pada acara Dies Natalis XIV Universitas Ma Chung tanggal 7 Juli 2021 secara online

Narasi Video Lomba

  • Artikel berisi penjelasan mengenai inovasi pembelajaran yang diusulkan.
  • Format Artikel PDF Peserta diberikan kebebasan sesuai instruksi.
  • Jumlah kata maks. 1000 kata
  • Format Huruf Arial 12 dengan spasi 2, Format Margin Top, Bottom, Left, Right : 3 cm semu dan format paper : A4.

Mekanisme Pendaftaran dan Biaya

Kriteria Penilaian

1. Kesesuaian dengan tema (35%)

2. Orisinalitas, Kreativitas dan inovasi yang dilakukan (20%)

3. Novelty / Keterbaruan (20%)

4. Alur cerita Video (25%)

Hadiah

Kategori Guru SMP

  • Juara 1 : Rp. 3.000.000,-
  • Juara 2 : Rp. 2.000.000.-
  • Juara 3 : Rp. 1.000.000.-

Kategori Guru SMA

  • Juara 1 : Rp. 3.500.000,-
  • Juara 2 : Rp. 2.500.000.-
  • Juara 3 : Rp. 1.500.000.-

Hadiah

Hashtag yang digunakan adalah #Inovasimengajarvirtual #DiesNatalisXIVUniversitasMaChung

Informasi lebih lanjut silakang hubungi
Bapak Rino : 0816-1544-5552
Ibu Fibe : 0813-3414-2437
Instagram resmi Universitas Ma Chung: @universitasmachung



Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah Dibuka  Segera Daftar Sekarang.

TOP